Pada posting kali ini saya akan membahas
konsep oop dalam pemrograman visual.
1. Pengertian
OOP
OOP berputar pada konsep dari obyek yang
merupakan elemen dasar dari program Anda.
Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata,
kita dapat menemukan beberapa obyek
disekitar kita seperti mobil, singa, manusia dan
seterusnya. Obyek ini dikarakterisasi oleh
atribut dan tingkah lakunya.Contohnya, objek
sebuah mobil mempunyai atribut tipe transmisi, warna dan manufaktur.Mempunyai
tingkah laku berbelok, mengerem dan berakselerasi. Dengan cara yang sama pula
kita dapat mendefinisikan perbedaan sifat dan tingkah laku dari singa. Dengan
deskripsi ini, obyek pada dunia nyata dapat secara mudah asumsikan sebagai
obyek perangkat lunak menggunakan atribut sebagai data dan tingkah laku sebagai
method. Data dan method dapat digunakan dalam pemrograman game atau perangkat
lunak interaktif untuk membuat simulasi obyek pada dunia nyata. Contohnya
adalah perangkat lunak obyek mobil dalam permainan balap mobil atau perangkat
lunak obyek singa dalam sebuah perangkat lunak pendidikan interaktif pada kebun
binatang untuk anak anak.
2. Kelas dan Objek
Class dan objek: merupakan konsep object-oriented yang meng-encapsulasi
data dan prosedur secara abstrak yang diperoleh untuk mendeskripsikan content
atau state dan behaviour terhadap beberapa entitas didunia nyata.
Content atau state dapat artikan keadaan dari sebuah objek,sebagai contoh mobil
memiliki state warna, model, bentuk dan lain-lain. Sedangkan behaviour
merupakan kelakukan dari objek tersebut, misalnya mobil maju kedepan, belok
kiri atau kanan,memberi tanda lampu (sen) dan lainnya. Objek dapat menyimpan state
dalam beberapa variabel dan mengimplementasikan behaviour-nya
menggunakan method. Berdasarkan penjelasan tersebut apabila
diimplementasikan dalam pemrograman, objek dapat diartikan sebagai bagian dari
sebuah aplikasi program (software) dimana didalamnya dihubungkannya
variabel-variabel dan juga method-mthodnya yang keduanya saling keterkaitan
satu dengan lainnya. Contoh umum untuk konsep abstrak seperti ini adalah objek
Event dalam pemrograman berbasis visual, yaitu objek untuk mewakili peristiwa
klik atau tombol ditekan.
3. Konsep pemrograman OOP
a. Inheritance atau
biasa disebut dengan istilah pewarisan, dalam konsep ini kita dapat membuat
suatu class baru yang bentuknya dapat disamakan dengan class yang sebelumnya.
b. Encapsulation biasa
disebut dengan istilah membungkus atau mengemas sebuah informasi yang akan
menghasilkan sebuah objek. Tujuannya agar informasi yang dihasilkan tidak
menyebar keluar dari aturan yang ada.
c. Polymorphism menghasilkan
banyak bentuk. Konsep ini mengembangkan konsep pada pewarisan dimana kita dapat
membuat dan menghasilkan sebuah class baru yang dapat
diperluas kembali menjadi banyak bentuk.
4. Konsep
OOP dalam Pemrograman Visual
Konsep
dari object oriented programming (OOP) adalah lebih dari sekedar sebuah konsep
pemrograman, Object oriented programming adalah cara berpikir tentang aplikasi
yang mempelajari untuk berpikir bahwa aplikasi bukan sekedar prosedur melainkan
sebagai object dan real entity. Object yang dimaksud disini memiliki pengertian
suatu modul yang mengkombinasikan antara data dan kode program yang bekerja
sama dalam program dengan melewatkan proses satu sama lain. Jadi object
oriented programming merupakan cara yang paling efisien untuk menulis program
komputer yang sangat mudah untuk di kombinasikan dan untuk dipergunakan
kembali.Object
oriented programming lebih memfokuskan kepada manipulasi object. Kenapa seorang
programmer harus mempelajari object oriented programming bahkan seorang
programmer yang tidak pernah bekerja dengan object oriented programing pun
harus mempelajarinya juga. Hal ini dikarenakan pada suatu hari nanti semua
bahasa pemrograman akan menambahkan kemampuan object oriented programming pada
bahasanya. Object oriented programming yang paling populer adalah java dan C++,
tetapi visual basic pun sudah ikut menambahakan kemampuan ini sejak meluncurkan
VB 4.0. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang visual basic
dan C++ saja. Sesuai dengan namanya object oriented programming maka konsep
object merupakan jantung dari object oriented programming. Maka dari itu
sebelum kita membahas lebih jauh lagi mari kita lihat beberapa konsep utama
dari object oriented programming ini. Data
dan prosedur dari sebuah object yang akan dipergunakan dibuat di dalam class,
jadi sebelum sebuah object dibuat maka perlulah terlebih dahulu dibuat class.
Untuk
membuat sebuah class dalam visual basic maka perlu diperhatikan langkah-langkah
berikut ini :
- Menambah module class pada
project.
- Deklarasi lokal variabel
yang akan digunakan pada module.
- Inisialisasi properti class
dari object.
- Menuliskan statement untuk
enable class, untuk membuat nilai yang akan dipetakan ke properti atau
memetakan variabel properti dari object yang diluar.
- Menuliskan suatu fungsi
yang akan menghasilkan metode proses dari class.
- Simpan module sebagai cls
file.
Variabel
yang ada didalam sebuah class disebut instance variabel, untuk membuat properti
didalam visual basic dapat menggunakan statement properti let dan properti get.
Berikut ini perhatikanlah definisi umum dan contoh dari masing-masing
statement.
0 komentar:
Posting Komentar